Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Pegas Melalui Model Project Based Learning (PBL) Pada Siswa SD

Isi Artikel Utama

Fauza Luthfia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi atas dasar rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPAS materi gaya pegas pada peserta didik kelas IV SDN 060907 Pasar Senen Kecamatan Medan Maimun Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS materi gaya pegas melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan 19 April 2023 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV SDN 060907 Pasar Senen Kecamatan Medan Maimun Kota Medan dengan jumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 9 laki- laki dan 15 perempuan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi gaya pegas pada peserta didik kelas IV SDN 060907 Pasar Senen Kecamatan Medan Maimun Kota Medan. Peningkatan hasil belajar IPAS materi gaya pegas diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai peserta didik materi gaya pegas pada Siklus I sebesar 84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% (12 peserta didik ) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 87 dengan ketuntasan klasikal 92% (22 peserta didik ) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles