Analisis Penggunaan Metode Read Aloud Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 101751 Klambir V
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan metode Read Aloud terhadap minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket minat baca siswa yang menunjukan dampak penggunaan metode Read Aloud terhadap minat baca siswa dengan hasil rata-rata kenaikan sebanyak 72%, wawancara kepada guru kelas yang didapati bahwa aktivitas belajar siswa terlebih dalam kegiatan membaca sangat berdampak baik hal ini terlihat dari antusias siswa yang meningkat, serta partisipasi membaca yang dimunculkan oleh siswa, serta lembar observasi kegiatan mengajar guru yang menunjukkan bahwa penggunaan Read Aloud akan berdampak baik terhadap minat baca siswa ketika dilakukan sesuai dengan tahapan yang seharusnya. Dengan jumlah partisipan sebanyak 30 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) metode Read Aloud dapat berdampak terhadap minat baca siswa hal ini dapat dilihat dari presentase minat baca siswa yang tumbuh sebanyak 72% (2) siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode Read Aloud