UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA di KELAS V SD NEGERI 060827 MEDAN AMPLAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keaktifan peserta didik sangat penting dan dibutuhkan di dalam kelas untuk keberlangsungan pembelajaran dimana pembelajaran dapat dapat dikatakan berhasil ketika peserta didik memberikan respon yang positif. Sebagai pembelajar yang baik sangat penting menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penggunaan media Word Wall. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan dan dokumentasi dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 31 orang yang merupakan peserta didik kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus presentase keaktifan peserta didik pada siklus 1 diperoleh rata-rata 53% dan siklus 2 sebesar 84% yang menunjukkan adanya peningkatan dari tindakan yang dilakukan pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran word wall dapat menigkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila di Kelas V SD Negeri 060827 Medan Amplas
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto. (2018). Prosedur Penelitin Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1-16.
Busa, E. N. (2023). Faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 114-122.
Fidya, I., Romdanih, R., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 219-227).
Fitriana, N. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Persentasi Classpoint Dan Game Edukasi (Quizizz & Kahoot) Pada Pembelajaran Kimia. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.51878/action.v3i1.1982
Gesmi, I., Sos, S., & Yun Hendri, S. H. (2018). Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Uwais Inspirasi Indonesia.
Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 125–132.
Muzaini, M. C., Najib, M., Mahmudah, A., & Nisa, A. K. (2023). Implemantasi Metode Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 77-95.
Nurgiansah, T. H. (2023). Pendidikan Pancasila.
Pangestu, D. P., & Rohinah, R. (2018). Pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 81-90.
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53-60.
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(11), 806-811.
Rindiantika, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Word Wall: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 93-102.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.; Suwito, ed.). Kencana
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana
Yusuf, A. M.(2019). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Gabungan.Jakarta: Prenadamedia Group