Pengaruh AI Terhadap Hasil Pembelajaran Sejarah Di SMA
Main Article Content
Abstract
Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan telah membawa perubahan signifikan, khususnya dalam proses pembelajaran sejarah di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan AI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu pada dua kelas berbeda, yaitu kelas yang menggunakan AI dan kelas yang tidak menggunakan AI. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas yang menggunakan media berbasis AI, baik dari segi pemahaman materi maupun partisipasi aktif siswa. Penggunaan AI juga meningkatkan minat belajar dan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa AI berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan adaptif.
Downloads
Article Details
References
Hidayat. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA antara Kelas AI dan Non-AI. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 45–52.
Jean Piaget. (1962). The Psychology of Intelligence. Totowa, NJ: Littlefield, Adams & Co.
Lestari. (2021). Efektivitas AI sebagai Tutor Virtual dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 200–210.
Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed: An Argument for AI in Education. Pearson Education.
Rahmawati. (2022). Penggunaan Aplikasi Berbasis AI dalam Pembelajaran di Kelas XI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 55–63.
Ramadhan, M., & Lestari, I. (2023). Penggunaan AI Virtual Reality dalam Kelas Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 2(1), 75–83.
Setiawan, R., & Nuraini, S. (2023). Pengaruh Media Interaktif AI terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah Nusantara, 11(2), 101–110.
Siemens, G. (2005). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3–10.
Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257–285.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.
UNESCO. (2021). Artificial Intelligence in Education: Challenges and Opportunities for Sustainable Development. Paris: UNESCO Publishing.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Yuliana, D., Putri, F., & Anjani, R. (2024). Dampak Pemanfaatan AI terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian Sejarah, 7(1), 25–Yulianto. (2023). Penerapan AI Chatbot dalam Diskusi Sejarah SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sejarah, 10(2), 140–148.