Lab Imajinasi di Canva: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Cerita Bergambar yang kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2 UPT SD Negeri 060817 Medan Kota Lab Imajinasi di Canva

Main Article Content

Khairani Harahap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa UPT kelas 2
fase A UPT SD Negeri 060817 Medan Kota dengan menggunakan Lab Imajinasi di Canva,
yang menggunakan cerita bergambar kreatif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian
tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, cerita bergambar yang
digunakan di Canva belum menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih menghadapi kesulitan untuk memahami
materi yang diajarkan, terutama bagi mereka yang tidak dapat membaca. Akibatnya, untuk
siklus kedua, ada perbaikan dan penyesuaian yang dilakukan.
Hasil belajar siswa meningkat secara signifikan selama siklus kedua setelah
menggunakan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik. Siswa menunjukkan lebih banyak
antusiasme dan kemampuan literasi yang lebih baik dalam memahami dan membuat cerita
bergambar. Hasil evaluasi menunjukkan presentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan
minimal (KKM) meningkat secara signifikan dibandingkan dengan siklus pertama.
Studi ini menunjukkan bahwa menggunakan Lab Imajinasi di Canva dengan menciptakan
cerita bergambar kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Diharapkan penelitian ini akan menjadi referensi bagi pendidik
yang sedang bekerja untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik
yang menggunakan teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, K. (2025). Lab Imajinasi di Canva: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Cerita Bergambar yang kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2 UPT SD Negeri 060817 Medan Kota: Lab Imajinasi di Canva. JPRONUS - Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara, 2(01), 17-23. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/jppg/article/view/4724
Section
Articles