Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V IPAS Materi Rantai Makanan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model project based learning di UPT. SD Negeri 067690 Medan Johor. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 25 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dipeoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus. Siklus I sebesar 65 % dalam kategori cukup, menjadi 88% pada siklus II dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil siswa kelas V UPT. SD Negeri 067690 Medan Johor.