Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Pada Kelas IIA SD Negeri 067690 Medan Johor

Main Article Content

Raudatul Jannah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IIA SD Negeri 067690 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah kreativitas peserta didik. Setting penelitian ini adalah SD Negeri 067690 Medan Johor dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IIA yang berjumlah 24 orang, 12 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Pengelolaan data dalam penelitian ini dilakukan setelah dikumpulkan menggunakan teknik observasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari pengamatan setiap siklus. Dengan melihat hasil observasi peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IIA SD Negeri 067690 Medan Johor dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jannah, R. (2024). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Pada Kelas IIA SD Negeri 067690 Medan Johor. JPRONUS - Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara, 1(01), 18-23. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/jppg/article/view/2957
Section
Articles

References

Edi, Dina Amelia Cahaya Suminar. Huwae, George Nicholas. 2016. Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Movie Maker Untuk Siswa Smp Kelas VII Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana. 1-15.
Lestari, Ika & Zakiah, Linda. 2019. Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran, Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, Vol. 6 (2), 149-160.
Prasetyo, Adirasa Hadi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu; CV Adanu Abimata.
Sidiq, Ricu. Najuah. Lukitoyo, Pristi Suhendro. 2021. Model-Model Pembelajaran Abad 21. Serang; CV. AA. Rizky. Widiastuti, Asni. Istihapsari, Vita.
Afriady Dadang. 2020. Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.1430-1440.