PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MTs. LAB. IKIP AL WASHLIYAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Isi Artikel Utama

Khairussaid Fauzi Al’Amani Harahap, Firmansyah, Herman Mawengkang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa peningkatan kemampuan representasi  matematis siswa  melalui pendekatan matematika realistik ditinjau dari kemampuan awal matematika (Tinggi, rendah, sedang). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. LAB. IKIP Al Washliyah. Sampel di tentukan secara purposive sampling terpilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 untuk kemampuan  representasi. Analisis data dilakukan uji Anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan representasi matematika dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Selain itu, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematika.

Rincian Artikel

Bagian
Articles