PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MTs. LAB. IKIP AL WASHLIYAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik ditinjau dari kemampuan awal matematika (Tinggi, rendah, sedang). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. LAB. IKIP Al Washliyah. Sampel di tentukan secara purposive sampling terpilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 untuk kemampuan representasi. Analisis data dilakukan uji Anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan representasi matematika dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Selain itu, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematika.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018