TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN TAMBAK WEDI KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi peningkatan pelayanan publik. Disisi lain kepuasan masyarakat adalah tolak ukur dari keberhasilan pelayanan publik yang diberikan oleh penyedia layanan publik. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian diambil dari dokumentasi Kelurahan Tambak Wedi pada web evaluasi pelayanan publik pemerintah Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa analisis data survey kepuasan masyarakat yang merujuk pada indeks kepuasan masyarakat tambak wedi periode April-november 2022. Analisis data yang dilakukan adalah pengolahan data kuisioner, pengujian kualitas data, penyusunan hasil laporan IKM,dan membuat simpulan berdarkan atas hasil penelitian yang didapat. Hal itu mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah Berdasarkan hasil penelitian mengenai Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Tambak Wedi dapat diketahui hasil penilaian masyarakat terhadap kinerja yang diberikan petugas Kelurahan Tambak Wedi dalam kategori Sangat Baik. Dengan total IKM konversi sebesar 84,90. Penilaian dari semua responden pengunjung Kelurahan Tambak Wedi yang mengurus administrasi kependudukan tersebut sesuai dengan apa yang mereka rasakan atas pelayanan yang mereka terima ketika mengurus administrasi kependudukannya di Kelurahan Tambak Wedi. Hasil penilaian masyarakat tersebut dapat digunakan sebagai bahan acuan perbaikan pelayanan di Kelurahan Tambak Wedi sehingga kedepannya tingkat kualitas pelayanan lebih baik.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018