PELAKSANAAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KLS X DI MAN 1 MEDAN

Isi Artikel Utama

Ahmad Darwis

Abstrak

Karakter adalah merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Mengingat begitu
pentingnya karakter maka lembaga pendidikan hendaknya memiliki tanggung jawab yang
besar untuk menanamkan pembentukan karakter siswa. Sejauh ini dalam proses
pendidikan di Indonesia yang berorientasi pada pembentukan karakter individu belum
dapat dikatakan tercapai karena dalam prosesnya pendidikan di Indonesia terlalu
mengedepankan penilian pencapaian individu dengan tolak ukur tertentu terutama logikmatematik


Persoalan karakter memang tidak sepenuhnya terabaikan oleh lembaga
Pendidikan. Hal ini karena apa yang diajarkan disekolah tentang pengetahuan agama
dan pendidikan moral dan akhlak belum berhasil membentuk manusia yang berkarakter.
Padahal apabila kita tilik isi dari semua pelajaran semuanya bagus, dan bahkan kita
dapat memahami dan menghafal apa maksudnya. Untuk itu, kondisi dan fakta
kemerosotan karakter dan moral yang terjadi menegaskan bahwa para guru yang
mengajar mata pelajaran apa pun harus memiliki perhatian dan menekankan pentingnya
pendidikan karakter pada para siswa. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk
memperoleh gambaran dan penjelasan tentang integrasi pendidikan karakter siswa
dalam mata pelajaran Aqidah akhlak yang di terapkan di MAN 1 Medan. Metodologi
penelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, interview dan skala sikap.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Integrasi pendidikan karakter dalam mata
pelajaran aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 sudah berjalan dengan baik hal ini dapat
dilihat adanya hubungan keterkaitan pada RPP dan Silabus serta pelaksanaan proses
pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas dalam pembentukan karakter siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles