EFEKTIVITAS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA KULIAH MODEL-MODEL KONSELING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Mata kuliah model-model konseling merupakan mata kuliah yang mempersiapkan peserta
didik sebagai calon Dosen BK atau calon konselor dengan ilmu teori dan praktek tentang
bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik konseling individu yang menunutut keahlian
dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh individu. Oleh karena itu,
perlu metode khusus agar peserta didik mampu memahami secara komprehensif tentang
mata kuliah model-model konseling. Upaya dalam meningkatkan pemahaman peserta
didik yakni dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: perbedaan prokrastinasi akademik
mahasiswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti team assisted
individualization, perbedaan perbedaan kelompok eksperimen yang diberikan model
pembelajaran teknik team assisted individualization dan kelompok kontrol yang diberikan
model pembelajaran tanpa teknik team assisted individualization. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Jenis desain penelitian ini adalah the one group pretest
- posttes design. Subjek penelitian adalah peserta didik UMN Al washliyah, dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan
data menggunakan tes pemahaman yang dikembangkan oleh peneliti, data dianalisis
dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018