POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK

Isi Artikel Utama

Rahma Indrimalia, M. Dahlan R, Syarifah Gustiawati

Abstrak

Setiap perkembangan anak merupakan suatu proses yang kompleks, tidak dapat terbentuk hanya dari dalam diri anak saja, tetapi juga lingkungan tempat tinggal anak. Orang tua adalah pendidik yang utama yang memiliki pola pengasuhan yang berbeda-beda. Pola asuh adalah serangkaian sikap yang ditunjukkan oleh orang tua kepada anak untuk menciptakan iklim emosi yang melingkupi interaksi antara anak dan orang tuanya. Pola asuh yang diberikan orang tua akan berpengaruh kepada tahap perkembangan anak. Salah satu faktor yang biasanya terpengaruh adalah sikap kepercayaan diri. Apabila anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi,maka anak akan mampu menjalani kehidupan dan mampu mengaktualisasikan potensi maupun bakat dalam dirinya, namun sebaliknya apabila anak memiliki rasa percaya diri yang rendah maka anak akan merasa banyak kesulitan dalam menjalani kehidupannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi serta sampel penelitiannya berjumlah 50 peserta didik kelas VIII MTsN kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi korelasi 0,533 yang berarti 0,533 > 0,2732 sehingga dapat disimpulakan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di MTsN kota Bogor dengan taraf interpretasi data yang termasuk sedang yaitu antara taraf 0,40-0,70.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amelia, Fiona.(2018, 25 Maret).4 Jenis Pola Asuh Dan Dampaknya Pada Anak.klikdokter.com.(diunduh 29 Agustus 2019).
Arikunto, Suharsimi.(2013).Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan, R.M.(2018). Relevansi Pemahaman Agama Dengan Interaksi Sosial Siswa (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri (Sman) Se-Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor).31.(2)
Fitriyani, L.(2015). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.18.(1)
Firdaus, Aziz.(2012).Metode Penelitian.Tangerang Selatan: Jelajah Nusa.
Lestari, Sri.(2012).Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Noor, Juliansyah.(2015).Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Desertasi, Dan Karya Ilmiah.Jakarta: Prenada Media Group.
Pudjiastuti, Sri Rahayu.(2009).Metode Penilitian Pendidikan, Depok: STKIP Kusuma Negara.
Widjaja, Hendra.(2016).Berani Tampil Beda dan Percaya Diri.Yogyakarta: Araska.