PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU IHSAN SISWA

Isi Artikel Utama

Abu Hanifah, Oking Setia Priyatna, Mulyadi Kosim

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Pendidikan Akhlak dalam Keluarga terhadap perilaku ihsan Siswa MTs Al-Atiqiyah karadenan Cibinong. Penelitien ini menggunakan penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mencari korelasional antara Variabel X (Pendidikan Akhlak) Dan Variabel Y (Perilaku ihsan). Dengan Teknik populasi siswa dari ajumlah siswa kelas IX berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket  diberikan kepada 30 siswa di MTs Al-Atiqiyah Karadenan Cibinong. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data adalah observasi, dokumentasi, dan angket ( koesioner). Serta tehnik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistic dengan rumus persentasea. Rumus ini digunakan untuk menganalisis jawaban angket yang diberikan kepada responden. Selanjutnya untuk menganalisis pengaruh Pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap perilaku ihsan siswa di MTS Al-Atiqiyah Karadenan Cibinong, penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah penelitian dilakukan maka penulis memperoleh hasil dengan angka rata-rata 53,33% untuk Pendidikan akhlak keluarga di MTs Al-Atiqiyah Karadenan Cibinong dan 49,3% untuk perilaku ihsan di  MTs Al-Atiqiyah }Karadenan Cibinong. Sedangkan hasil uji korelasi Pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap perilaku ihsan siswa MTs Al-atiqiyah Karadenan Cibinong, yaitu sebesar 0,070.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Al-Asyqar, (1997) Umar Sulaiman. Karakter Muslim. Jakarta: Gema Insani Press
Bahagia, (2016) Hak alam dan Hukum Lingkungan Dalam Islam. Bogor: Suka-Press
Daradjat, Zakiyah, (2017) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Fikri, Miftahul, (2016) Cara Mudah Membuat Makalah, Skripsi dan Tesis. Bogor: Arabasta Media
Fauzi, Ahmad, (1997) Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Islamdan, Arief B, (2014) Materi Dasar Islam (Islam Murni Dari Akar Hingga Daunnya). Bogor: Al Azhar Press
Khozia, (2013) Khazanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mubarok, Islam Saipul. (2006) Perjalanan Mencari Nikmat Ikhlas. Bandung: PT Syaamil Cipta Media
Nata, Abuddin, (1998) Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Notoatmodjo, Soekidjo, (2010) Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta
Rosdaya, Dede, (1995) Hukum Islam dan Pranata Social. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Romayulis, (2002) Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia
Sugiono, (2012) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Salahudin, (2013) Anas dan Irwanto. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan BudayaBbangsa). Bandung: Pustaka Setia
Syafri, Ulil Amri, (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sarwono, Sarlito Wirawan, (2016) Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Press
Tafsir, Ahmad, (2010) Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
lwan, Abdullah Nasih, (1999) Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani
Uhbiyat, Nur, (2013) Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra
Yusuf, Syamsu, (2010) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Zubaedi, (2011) Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zuhdi, Masjfuk, (1993) Studi Islam (Jilid III : Muamalah). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada