PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHOLAT SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sholat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam yang sudah akil balig dan berakal sehat. Pembelajaran Pendidikan Agama Isslam yang dilaksanakan di sekolah diharapkan dapat meningkatkan ibadah sholat para siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Isslam terhadap ibadah shalat siswa kelas VIII SMPN Cisarua 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis kolerasional. Pengumpulan data dalam bentuk kuisioner yang diberikan kepada 54 responden yang merupakan siswa kelas VIII SMPN Cisarua 1. Analisis data penlitian ini menggunakan uji kolerasional dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini didapat nilai koefisien kolerasi sebesar 0,470 yang berada pada rentang 0,40-0,70, yaitu bermakna terdapat hubungan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan ibadah shalat siswa kelas VIII SMPN Cisarua 1.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018
Referensi
Asep Saepul Hamdi dan E Bahruddin. (2014). Metode kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deep publish
Muhaimin. (2016). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suryanto. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Kencana Prenada Media
Sudjino, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Zakiah Daradjat. (2017). ilmu pendidikan islam. Jakarta : PT Bumi Aksara