MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Muhammad Saefudin, Chodidjah Makarim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat besar motivasi yang dimiliki oleh siswa dalam mempelajari SKI di MTsN Kota Bogor, mengetahui prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dalam mempelajari SKI di MTsN Kota Bogor dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi serta objek penelitiannya berjumlah 50 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai signifikansi dari output di atas adalah 0,843  yang berarti lebih dari 0,05 maka dari itu kesimpulan dari pengujian signifikansi di atas adalah Ho diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MTsN Kota Bogor. Maka semakin baik motivasi belajar yang diperoleh oleh peserta didik maka akan semakin meningkat pula prestasi belajar yang dimiliki oleh setiap siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Darmawan, Deni.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati, Mudjiono.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.(2018).Metode Penelitian Evaluasi.Bandung: Alfabeta.
Firdaus, Aziz.(2012).Metode Penelitian.Tangerang Selatan: Jelajah Nusa.
Jahja, Yudrik.(2011).Psikologi Perkembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rosyid, Zaiful dkk.(2019).Prestasi Belajar.Malang: Literasi Nusantara
Sardiman.(2016).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Press
Syaiful Bahri, Djamarah.(2012).Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.