PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM TERHADAP PERILAKU SANTRI

Isi Artikel Utama

Edo Suwandi, Oking Setia Priyatna, H. Kamalludin

Abstrak

Ta‘lim Al Muta’allim merupakan karya terkenal Syekh Al-Zarnuji yang berisi tentang sikap kepatuhan dari para murid sepenuhnya kepada para guru. Karya ini merupakan salah satu ti ang peyangga utama pendidikan pesantren. Kegiatan pembelajaran mengenai kitab tersebut diharapkan dapat memperbaiki perilaku santri, khususnya ketika belajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,652. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 yang berarti antara variabel X  dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,334 dari 33 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,652 > rtabel 0,334. Artinya terdapat hubungan antara Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dengan perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto, Suharsimi,(2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka Cipta.
Az-Zarnuji, B. I. (2019). Ta'lim Al-Muta'alim. Solo: Pustaka Arafah.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahjuddin. (2009). AKHLAQ TASAWUF I Mu’jizat Nabi, Karamah Wali dan Ma’rifah Sufi. Jakarta: Radar Jaya Offset.
Nizar, A. R.-S. (2005). Pendekatan Historis, Teoritis Dan Praktis Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: PT Ciputat Press.
Santoso, R. S. (1987). Pendidikan Di Indonesia dari masa ke masa. Jakarta: CV Haji Masagung.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.