METODE TAMYIZ TERHADAP KEMAMPUAN SANTRI DALAM MENTERJEMAHKAN Al-QUR’AN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Mempelajari Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting tetapi dewasa ini, hal tersebut seolah menjadi tantangan yang besar, karena semakin banyak orang yang enggan mempelajari Al-Qur’an dan belajar menterjemahkannya, padahal sudah jelas al-qur’an itu merupakan sumber pokok ajaran islam, yang seharusnya kita sebagai umat islam berkewajiban untuk mempelajarinya. Metode merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran, salah satu metode tersebut adalah metode tamyiz, yaitu metode yang digunakan khusus untuk belajar menterjemahkan Al-Qur’an dan kitab kuning. Hal ini menjadikan metode tamyiz sebagai metode yang cukup mampu mengakomodir kebutuhan siswa dalam proses menterjemahkan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk Mengetahui Bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Tamyiz Terhadap Kemampuan Santri Dalam Menterjemahkan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Karimah Sukaraja Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menyatakan, bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode tamyiz terhadap kemampuan santri dalam menterjemahkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Karimah Sukaraja Bogor. Hal ini diketahui berdasarkan pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 50 santri di Pondok Pesantren Al-Karimah Sukaraja Bogor, dari data tersebut didapat hasil 0,828. Dengan demikian, penerapan metode tamyiz di Pondok Pesantren Al-Karimah Sukaraja terbukti dapat meningkatkan kemampuan santri dalam menterjemahkan Al-Qur’an. Hal tersebut didapat dari hasil analisis data dari nilai angket dan pre-test post-test yang telah dilakukan oleh peneliti.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018
Referensi
Abaza. (2018). Tamyiz. Jakarta: Tamyiz Publishing.
Al-Qarni, ‘Aidh bin Abdullah. (2005). Nikmatnya Hidangan Al-Qur’an. Jakarta: Magfirah Pustaka.
Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia,. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahruddin, E., & Hamdi, A. S. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Aplikasi dalam Pendidikan). Bogor: Uika Press.
Bukhori, D. S. (2005). Metodologi Studi Islam. Bogor: Granada Sarana Pustaka.
Bunyamin, A. S. (2003). Panduan Belajar Menerjemah Al-Qur’an. Jakarta: Khairul Bayan.
Dahlan, A. Z. (1362). Sharah Matanul Jurumiyah. Surabaya: Jarisma Indonesia.
Jauhari, M. A. (2019). Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Aliyah,. Surakarta: Putra Nugraha.
Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.