KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN MERESPON DALAM PEMBELAJARAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai kegiatan siswa merespon pada saat
pembelajaran berlangsung di kelas. Kegiatan merespon merupakan bagian dari bidang
pengembangan belajar yang menjadi salah satu fokus pelayanan Bimbingan dan Konseling (BK).
Persepsi siswa merupakan faktor yang diduga mempengaruhi kegiatan merespon dalam
pembelajaran. Dengan diketahuinya gambaran kegiatan merespon, serta faktor-faktor yang diduga
berkontribusi seperti persepsi siswa, hal ini akan menjadi bagian dari analisis kebutuhan siswa (need
assessment) oleh Guru BK.. Dugaan adanya keterkaitan persepsi siswa terhadap kegiatan merespon
dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan penelitian. Hasil penelitian ini yang akan dijadikan need
assessment dalam penyusunan program BK. Hal inilah yang menjadi dasar penelitian ini dilakukan,
karena belum adanya temuan penelitian yang menunjukkan seberapa besar kontribusi persepsi siswa
terhadap kegiatan merespon dalam pembelajaran serta implikasinya dalam BK.Penelitian ini
merupakan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMA
Negeri 8 Padang yang berjumlah 480 orang, sampel berjumlah 218 orang, yang dipilih dengan teknik
proportionalstratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi sederhana. Temuan penelitian memperlihatkan
bahwa: (1) persepsi siswa tentang kegiatan merespon berada pada kategori positif, (2) kegiatan
merespon dalam pembelajaran berada pada kategori tinggi, (3) terdapat kontribusi persepsi siswa
terhadap kegiatan merespon sebesar 7.2% (R= 0.268, signifikansi 0.000). Implikasi hasil penelitian
tersebut dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk pembuatan program pelayanan BK.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018