ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK MEREK PAPAMAMA FARM

Isi Artikel Utama

Nomi Noviani, Sri Wahyuni

Abstrak

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Identifikasi internal perusahaan menghasilkan
kekuatan perusahaan meliputi sistem budidaya yang lebih murah, lokasi di tiga tempat
yang memiliki potensi perluasan usaha, sudah lama berpengalaman, jenis sayuran lebih
beragam, kemasan menarik, sayuran bebas pestisida, merek sudah lama di pasar, serta
brosur yang menarik. Sedangkan kelemahannya adalah produksi tidak stabil, skala
produksi belum ekonomis, kualitass sayur tidak konsisten, sistem penentuan haga, sistem
pengiriman, pemilihan pasar sasaran tidak fokus, serta strategi promosi tidak konsisten.
Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang bagi PapaMama Farm adalah
kharakteristik konsumen, permintaan masih tinggi, sistem budidaya pesaing lebih mahal,
tingkat kesulitan memasuki pasar bagi pesaing baru, peningkatan pendapatan dan tingkat
pendidikan masyarakat, kelas sosial masyarakat yang semakin beragam, dan peningkatan
teknologi. Ancaman yang dihadapi saat ini adalah tingkat kesetiaan konsumen, pelayanan
pengecer, tekanan produk subtitusi, strategi harga dan strategi distribusi pesaing, dan
resiko alam. Ancaman masa mendatang selain yang ada saat ini juga meliputi tingkat
kemampuan mengikuti kemajuan teknologi, strategi pesaing yang lebih agresif, serta
pendatang baru dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi. PapaMama Farm kurang jelas
dalam strategi segmentasi, akibatnya adalah kurang fokus dalam memilih pasar sasaran
utama yang hendak dilayani. Kondisi ini berakibat kurang efektifnya strategi bauran
pemasaran yang dijalankan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles