KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT EXCEL DAN KALKULATOR KERTAS GRAFIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi serta membentuk pola pikir manusia menjadi lebih sistematis, kritis dan kreatif. Dengan pembelajaran matematika diharapkan dapat mengembangkan pola pikir manusia secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media Microsoft Excel dengan Kalkulator Kertas Grafik (KKG) pada materi statistika di kelas VIII MTs. LAB. IKIP Al Washliyah Medan serta interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap kemampuan representasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, diperoleh sampel dua kelas yaitu kelas VIII-A (Ibnu Sina) dengan jumlah 30 siswa dan siswa kelas VIII-B (Alfarabi) dengan jumlah 30 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan pengujian awal yaitu uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya menguji hipotesis yang sesuai dengan rumusan masalah/hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis melalui pendekatan CTLÂ antara siswa yang menggunakan media Ms. Excel dengan media KKG dan tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan representasi matematika siswa.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018