MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER

Isi Artikel Utama

Nilam Sari, Maemunah Sa’diyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif siswa di MTs Negeri 3 Bogor. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini meliputi 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian dihitung menggunakan SPSS-25 untuk mengetahui tingkat pengaruh model pembelajaran. Hasil uji validitas menyatakan rhitung > rtabel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikansi 0,05 dan data frekuensi (df)= 31. Uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh hasil sig (-2tailed) sebesar 0,200 ≥ 0,05. Uji homogenitas menunjukkan hasil angka 0,027 ≥ 0,05. Maka disimpulkan data hasil kedua kelompok bervarians sama. uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh mean -16,318, dapat dinyatakan adanya perbedaan pengaruh terhadap kedua kelompok kelas.  Hasil pengolahan data menunjukkan angka t hitung= 9,194 ≥ t tabel= 2,040, maka Ha menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif siswa diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif siswa di MTs Negeri 3 Bogor.

Rincian Artikel

Bagian
Articles