STAREGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 14 BOGOR

Isi Artikel Utama

Nurhasan, Maemunah Sa’diyah, Muhammad Fahri

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 14 Bogor. Tujuan penelitian ini yaitu: 1)  Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 14 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan objek yang ada di sekolah peneliti dapat menyimpulkan beberapa strategi yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 14 Bogor, yaitu: 1) strategi pendidikan dengan tauladan, 2) strategi pendidikan dengan nasihat, 3) strategi pendidikan dengan pembiasaan, 4) strategi pendidikan dengan reward. Dan berdasarkan hasil angket keseluruhan strategi pendidikan dengan tauladan mencapai 85%, strategi pendidikan dengan nasihat mencapai 87%, strategi pendidikan pembiasaan mencapai 90%, dan strategi pendidikan dengan reward mencapai 78%. Dalam upaya meningkatkan karakter religius siswa, guru pendidikan agama Islam perlu meningkatkan strateginya dengan baik dan matang agar dapat membentuk karakter religius pada diri siswa. Karena tanpa adanya strategi yang baik tentu akan sulit dalam meningkatkan karakter religius siswa. Jadi, guru pendidikan agama Islam harus ditingkatkan dalam menggunakan metode dan program-program keagamaannya dan teknik pembelajaran harus ditingkatkan dalam hal kreatif, aktif, dan inovatif agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

Rincian Artikel

Bagian
Articles