Perilaku Delikuensi dan Resiliensinya di SMA Negeri 13 Semarang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang diterapkan di SMA Negeri 13 Semarang untuk mengatasi perilaku delikuensi yang terjadi pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif secara purposive. Peneliti melakukan pengambilan data melalui wawancara kepada 7 narasumber, selain itu peneliti juga melakukan observasi di lingkungan sekolah SMA Negeri 13 Semarang. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan beberapa tahapan yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini telah menemukan bahwasanya penerapan pendidikan karakter yang dilakukan di SMA Negeri 13 Semarang dapat mengurangi perilaku delikuensi yang dilakukan oleh peserta didik. Penerapan pendidikan karakter juga harus didukung dan diperkuat dengan dukungan orangtua maupun lingkungan sekitar.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018