MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP

Isi Artikel Utama

Renold Pasaribu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajarn melalui workshop di           SMP Singosari Deli Tua  pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 15 orang guru yang mengajar di SMP Singosari Deli Tua .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner,wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah  dengan menggunakan pehitungn persen jumlah guru yang sudah mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013 dan yang belum mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menyusun rencana pelakanaan pembelajaran dari 15 orang guru,baru 8. (53,33%) guru yang mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 14 (93,33%) guru yang sudah mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menyusun RPP  kurikulum 2013, dari 15  orang guru,terdapat 7 (46,67%) guru belum mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013 menjadi 1 (6,67%) guru yang belum mampu menyusun RPP  Kurikulum 2013 secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP  Kurikulum 2013 dapat meningkat melalui workshop.

Rincian Artikel

Bagian
Articles