Kemampuan Self-Esteem Siswa Perempuan dan Laki-laki pada Lingkungan Sekolah yang Terindikasi Bullying
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bullying menjadi salah satu masalah sosial yang kerap terjadi di sekolah. Dampak yang signifikan dirasakan remaja terhadap perilaku bullying berpengarh pada kesehatan mental. Berdasarkan laporan-laporan terbaru, tingkat kejadian bullying di lingkungan sekolah menengah kemala bhayangkari 1 sungai raya tetap menjadi perhatian utama. Perilaku bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk verbal, fisik, sosial, dan cyberbullying. Tentunya, bagi remaja yang menjadi korban maupun yang berada di lingkungan sekolah akan terusik dengan kejadian tersebut dan akan berpengaruh pada kemampuan self-esteem. Self esteem adalah penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri yang tentunya hal ini sangat penting dimiliki oleh remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif inverensial yang membandingkan self-esteem remaja perempuan dan laki-laki. Hasil pengumpulan data yang didapat melalui penyebaran kuisioner, dilakukan uji parametrik independent t test melalui aplikasi IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian ini yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara self-esteem siswa perempuan dan laki-laki di lingkungan sekolah yang memiliki indiskasi bullying.
Rincian Artikel
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018