FENOMENA PENGGUNAAN MAKE UP DI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR

Isi Artikel Utama

Margaretha Theodora Marpaung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswi SMA Negeri 13 Medan menggunakan make up ke sekolah, mendeskripsikan fenomena penggunaan make up di lingkungan persekolahan oleh siswi SMA Negeri 13 Medan dan mendeskripikan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi siswi yang menggunakan make up ke sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab siswi SMA Negeri 13 Medan menggunakan make up ke sekolah disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah adanya dorongan yang kuat dalam diri tanpa pengaruh dari luar yang menjadi faktor penyebab mereka menggunakan make up. Faktor penyebab siswi SMA Negeri 13 Medan menggunakan make up ke sekolah adanya untuk menutupi kekurangan pada wajahnya dan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya pengaruh dari luar yang menjadi faktor penyebab mereka menggunakan make up yaitu media sosial, keluarga dan teman sebaya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di lapangan memang benar bahwasannya siswi SMA Negeri 13 Medan menggunakan make up ke sekolah. Guru SMA Negeri 13 Medan juga setiap harinya mendapati siswa yang menggunakan bahkan membawa produk make up ke sekolah. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi siswi yang menggunakan make up ke sekolah yaitu memberikan teguran secara lisan maupun tertulis dan melakukan razia di tiap kelas.

Rincian Artikel

Bagian
Articles