Peran Drama Korea dalam Penguatan Moral Knowing pada Remaja

Isi Artikel Utama

Yulianti Yulianti
Yustika Irfani Lindawati

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangin oleh menjamurnya fenomena Korean wave, salah satu produk dari Korean wave yang sangat digandrungi oleh generasi muda di Indonesia adalah drama Korea. Suatu tontonan dapat menjadi media transfer ilmu pengetahuan, termasuk pengetahuan moral (moral knowing) yang direpresentasikan oleh tontonan tersebut. Pada penelitian ini, peneliti berfokus pada aspek kesadaran moral dan pengambilan perspektif. Kedua aspek ini sangat mudah dipengaruhi oleh faktor eskternal individu seperti lingkungan sosial, apa yang didengar dan dilihat akan menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk berpikir dan bertindak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian yang digunakan adalah survey dengan melibatkan mahasiswa FKIP sebagai responden penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berisi 23 butir pertanyaan dengan model pertanyaan tertutup. Hasil penelitian ini berupa statistik deskriptif dari hasil olah data kuesioner yang telah dilakukan oleh peneliti. Pada pembahasan dijelaskan lebih dalam terkait peran drama Korea dalam penguatan pengetahuan moral responden, yang dalam hal ini adalah mahasiswa khususnya pada komponen kesadaran moral dan pengambilan perspektif. Peneliti menyimpulkan bahwa drama Korea memiliki peran sebagai penyebar dan proses sosialisasi dari nilai, norma, pola interaksi, pola pikir, kebiasaan, dan etika masyarakat Korea Selatan yang akan menjadi pengetahuan moral baru bagi para penontonnya yaitu mahasiswa yang masih masuk kategori remaja.

Rincian Artikel

Bagian
Articles