PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI PKBM AULIA JAKARTA UTARA

Isi Artikel Utama

Riska Yu

Abstrak

Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada warga belajar program paket C di PKBM Aulia Jakarta Utara penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model tersebut dan mengumpulkan data mengenai hasil belajar sosiologi tentang dampak perubahan sosial. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran yang difokuskan pada warga belajar untuk berinteraksi satu sama lain dalam kelompok/pertemuan-pertemuan kecil. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperiment karena ada faktor luar yang mempengaruhi variable dependen sebagai sumber data utama bagi peneliti. One-group pretest-posttest design digunakan dalam metode penelitian pra-eksperimental ini. Peneliti menggunakan teknik ini karena hasil pemeriksaan dapat diketahui dengan tepat dan dapat disesuaikan dengan keadaan sesudah dan sebelum diberi perlakuan. Observasi dan tes pretest-posttest merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Nilai rata-rata pada pretest adalah 29.62 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 96.54 meningkat 66.92. Kemudian dilakukan uji kesukaran soal dan hasilnya terdapat enam soal dengan kategori sedang dan empat soal dengan kategori sukar. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpotensi meningkatkan hasil belajar warga belajar. Pengujian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar program paket C di PKBM Aulia Jakarta Utara berhasil mencapai hasil yang diharapkan.


Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Rincian Artikel

Bagian
Articles