KEBIJAKAN PENDIDIKAN MBKM DAN EVALUASI IMPLEMENTASI MBKM

Isi Artikel Utama

Giantomi Muhammad Giantomi

Abstrak

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dibuat pemerintah didasari oleh niat baik (goodwill) untuk merespon perubahan yang sangat pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang unggul,  generasi yang tanggap dan siap menghadapi tantangan zamannya, tanpa tercerabut dari akar budaya bangsanya. Tantangan tersebut terutama harus dihadapi oleh perguruan tinggi sebagai pihak yang memiliki domain yang dominan dalam mendidik dan melatih mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi yang menyeluruh terhadap implementasi berbagai pokok kebijakan MBKM, agar pencapaian tujuan kebijkan tersebut dapat terwujud secara efektif dan terukur. Melalui kajian terhadap berbagai literatur yang relevan dengan teknik deskriptif analitik, penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya evaluasi kebijakan MBKM, mulai dari aspek yuridis, implementasi di lapangan, hingga tantangan-tantangan yang dihadapi oleh kebijakan tersebut.

Rincian Artikel

Bagian
Articles