PEMAHAMAN KONTEKSTUAL SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME

Isi Artikel Utama

Febri Pratama
Deni Chandra

Abstrak

Keberagaman merupakan suatu keniscayaan bagi bangsa Indonesia. Pluralisme etnis, suku, budaya, agama, serta bahasa menjadi identitas nasional yang diakomodasi dalam semboyan “bhinneka tunggal ika”. Namun, seiring dengan perkembangan negara Indonesia pasca kemerdekaan hingga saat ini, isu mengenai disintegrasi bangsa selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Pemahaman tentang pentingnya persatuan, kebhinekaan, dan toleransi perlu untuk direvitalisasi kembali, salah satunya melalui peran institusi pendidikan. Sekolah dasar menjadi jenjang yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai multikulturalisme tersebut sejak dini. Mereka diperkenalkan pada sikap dan prilaku yang mencerminkan rasa persatuan, kebhinekaan, serta toleransi agar nanti setelah dewasa mereka memiliki pemikiran yang terbuka dan menghargai perbedaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memberikan gambaran secara komprehensif tentang pemahaman siswa sekolah dasar secara kontekstual terhadap nilai-nilai multikulturalisme yang telah didapatkan di sekolah melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil yang didapat, siswa sekolah dasar belum sepenuhnya memiliki pemahaman yang kuat mengenai nilai-nilai multikulturalisme.

Rincian Artikel

Bagian
Articles