EFEKTIVITAS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA KULIAH MODEL-MODEL KONSELING

Main Article Content

Syaiful Indra, Muhammad Rapono, Rini Hayati

Abstract

Mata kuliah model-model konseling merupakan mata kuliah yang mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru bimbingan dan konseling (BK) tentang mengaplikasikan teknik konseling individu. Namun faktanya mahasiswa sulit untuk memahami materi teori konseling. Oleh karenanya, perlu metode khusus agar mahasiswa mampu memahami secara komprehensif. Upaya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa yakni dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis desain penelitian ini adalah the one group pretest - posttes design. Subjek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Temuan penelitian ini adalah terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan teknik team assisted individuallization. Melalui teknik team assisted individualization dapat meningkatkan pemehaman mahasiswa, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai permasalahan terkait dengan kegiatan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Rini Hayati, S. I. M. R. (2018). EFEKTIVITAS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA KULIAH MODEL-MODEL KONSELING. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 141-146. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/79
Section
Articles