MODEL MANAJEMEN HUBUNGAN KARYAWAN BAGI INDUSTRI PERBANKAN DI KOTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Hubungan karyawan merupakan sebuah hubungan yang terjalin diantara para karyawan di dalam sebuah organisasi. Para karyawan harus memperoleh kenyamanan dalam bekerja dengan para karyawan lain untuk memperoleh lingkungan kerja yang sehat. Tugas utama para pemimpin perusahaan adalah untuk mengurangi konflik antar karyawan dan menciptakan hubungan yang sehat diantara para karyawan. Permasalahan yang sering muncul adalah adanya perbedaan persepsi diantara para karyawan sehingga terjadi proses komunikasi yang kurang efektif diantara para karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan model manajemen hubungan antar karyawan pada industri perbankan di Kota Medan .Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan informan penelitian. Penelitian dilakukan pada Bank Central Asia, Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara pada informan kunci, informan utama dan informan tambahan dalam penelitian.Hasil analisis data penelitian ini adalah tersusunnya model manajemen hubungan antar karyawan pada industri perbankan di Kota Medan, yaitu komunikasi efektif sebagai variabel anteseden , serta budaya organisasi dan kepemimpinan sebagai faktor yang dapat menentukan keberhasilan konsep manajemen hubungan antar Karyawan.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018