UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI POKOK GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IX-B SMP NEGERI 39 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Aktifnya siswa untuk mengikuti kegiatan konseling merupakan salah satu cara agar siswa bisa dapat
mengenal dirinya dan mengatasi masalahnya. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa
Kelas IX-B SMP Negeri 39 Medan pada bulan Januari s.d Juni 2016. Tindakan yang
dilakukan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan yang
diijinkan adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Diskusi Kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes sebelum
dilakukan tindakan diperoleh dan 40 orang siswa, 0 siswa (0%) yang memenuhi ketuntasan
belajar dan 40 siswa (100%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata
60,5,selanjutnyapada siklus 1 diperoleh nilai rata-ratakelas meningkatkan sebanyak 70 (dari
32,5 naik menjadi 67,5), dengan tingkat belajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 13 siswa
(32,5%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 27 siswa (67,5%) tidak memenuhi ketuntasan
belajar. Pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,75 dengan tingkat
belajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 40 siswa (84,75%) yang memenuhi ketuntasan
belajar Jadi dapat dikatakan pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat sebesar 84,75.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018