PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara gaya mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi swasta Kota Medan. Hal ini dikarenakan karena didalam proses mengajar di kelas dalam rangka transfer knowledge, dosen merupakan pihak yang paling bertanggungjawab didalam menjamin tercapainya tujuan dari pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang mahasiswa di Kota Medan pada observasi awal yang dilakukan peneliti, diperoleh bahwa mahasiswa kurang bahkan tidak tertarik dengan gaya mengajar dosen yang terlalu monoton dan diktator, karena mereka merasa bosan dan tidak nyaman di kelas sehingga memilih untuk tidak masuk pada mata kuliah tertentu. Selain itu, minimnya kemampuan memnyajikan materi menjadikan mahasiswa tidak tertaarik dan cenderung membosankan. Di samping itu pembelajaran pada umumnya masih berlangsung secara konvensional dengan metode ceramah dan metode tanya jawab, dimana konsep-konsep transfer secara utuh oleh dosen kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya mengajar dosen dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di perguruan tinggi swasta kota Medan tahun ajaran 2016/2017dengan menggunakan rumus Slovin dalam menentukan jumlah sampelnya sehingga persentase kelonggaran sebanyak 10%. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan menggunakan kuesioner dengan alat analisis data yaitu SPSS versi 24.0
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018