MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD
Main Article Content
Abstract
Pendidikan IPS dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengatasi masalah sosial, sebab pendidikan IPS memiliki fungsi dan peran dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk memperoleh bekal pengetahuan tentang harkat dan martabat manusia sebagai makhluk sosial, keterampilan menerapkan pengetahuan tersebut dan mampu bersikap berdasarkan nilai dan norma sehingga mampu hidup bermasyarakat. Hasil belajar di beberapa sekolah yang terdapat di kota Medan masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional, dan mata pelajaran IPS tidak lepas dari anggapan mata pelajaran yang bersifat hafalan yang menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan IT. Model pembelajaran tersebut diberikan pada kelas yang telah ditentukan sebagai kelas eksperimen yaitu SD Negeri 064961, sedangkan kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol yaitu SD Negeri 060907 tidak diberikan perlakuan apapun atau pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara konvensional. Untuk menguji kebenaran hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, maka Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA). Penggunaan teknik ini dengan maksud agar hasil tes hasil akhir yang dicapai oleh subyek penelitian benar-benar karena pengaruh dari perlakuan yang diberikan selama penelitian. Taraf signifikan yang digunakan dalam penelitian ini a = 0,05.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018