MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajarn melalui workshop di SMP Singosari Deli Tua pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 15 orang guru yang mengajar di SMP Singosari Deli Tua .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner,wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pehitungn persen jumlah guru yang sudah mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 dan yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menyusun rencana pelakanaan pembelajaran dari 15 orang guru,baru 8. (53,33%) guru yang mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 14 (93,33%) guru yang sudah mampu menyusun RPP Kurikulum 2013; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menyusun RPP kurikulum 2013, dari 15 orang guru,terdapat 7 (46,67%) guru belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 menjadi 1 (6,67%) guru yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dapat meningkat melalui workshop.
Article Details
LP2M-UMNAW-Copyright@ 2018