PENGUASAAN MODAL AUXILIARY MELALUI APLIKASI KAHOOT

Main Article Content

Yunita Mutiara Harahap, Linda Astuti Rangkuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan penguasaan modal auxiliary melalui penggunaan aplikasi kahoot pada siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa – siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Jumlah seluruh populasi adalah 120 siswa dan 60 siswa diambil sebagai sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok sampel yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan aplikasi kahoot sementara kelompok kontrol diajarkan dengan tidak menggunakan aplikasi kahoot. Instrumen dalam pengumpulan data adalah 25 soal pilihan berganda. hasil data penelitian dihitung dengan menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan t-observed (6.13) lebih tinggi daripada t-table (2.00) pada level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df) 58. Oleh karena itu, hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menandakan bahwa aplikasi kahoot secara signifikan meningkatkan penguasaan modal auxiliary siswa kelas  X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anitarohmawati. (2016). Membuat Game Interaktif Menggunakan Kahoot, diambil dari (https://anitarohmawati.com/2016/02/15/membuat-game-interaktif-menggunakan-kahoot/).
Aruan. (2007). Metodologi Penelitian: Validitas Dan Reliabilitas.
Betty Schrampfer Azar and Stacy Hagen (2009) Understanding and Using English Grammar (4th ed.). Pearson Education.
Bets and James. (2002). Psychometric Investigation of the Validity and Reliability. New York.
Best, J, W.and Khan J, V. (2006). Research in Education. New Delhi: Prentice Hall of Indian Privade.
Dewi, KC. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X, diambil dari (http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/Skripsi Cahya Kurnia.pdf).
M. Correia dan R. Santos. (2017). Game-Based Learning: The Use of Kahoot in teacher education”. 2017 International Symposium on Komputer in Education (SIIE), Lisbon, 2017, pp. 1- 4, doi: 10.1109/SIIE.2017.8259670.
Richard, (2011). English Teaching Skill. New York. Logman
Silviarachman. (2017). Belajar sambil bermain di Kahoot, diambil dari (http://silviarachman17.blogspot.co.id/2017/01/belajar-sambil-bermain-di-kahoot.html).
Thebigbankteam. (2016). Penjelasan Materi Modal Auxiliary verbs Dalam Bahasa Inggris diambil dari(https://www.bigbanktheories.com/penjelasan-materi-modal-auxiliary-verbs-dalam-bahasa-inggris/).