PEMBERIAN TUGAS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR READING
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan keefektifan hasil belajar reading bahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan beban pemberian tugas individu dan tugas kelompok, mengetahui keefektifan hasil belajar reading bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik tingggi dengan rendah, serta untuk mengetahui interaksi antara pemberian tugas dan kecerdasan linguistik mahasiswa terhadap hasil belajar reading bahasa Inggris Mahasiswa Fisioterapi STIKes Siti Hajar. Penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain faktorial 2 x 2 dengan populasi mahasiswa Fisioterapi Tahun Pembelajaran 2015/2016, teknis analisis data menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar reading bahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan pemberian beban tugas individu lebih efektif dari tugas kelompok ; hasil belajar reading bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi lebih efektif dibanding dengan yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dan terdapat interaksi antara pemberian tugas dengan kecerdasan linguistik dalam hasil belajar reading bahasa Inggris mahasiswa Fisioterapi STIKes Siti Hajar Medan.
Downloads
Article Details
References
Dick & Carey. (2005). The Systematic Design of Instruction. 2nd. Ed. Glenvill, III : Scott, Foresman.
Elisabeth, Hurlock B. (2001). (Terjemahan Istimawa Dayanti & Sujarwo). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
I.A.Pasaribu, Sulaiman, R. Erwansyah (2019). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Google Docs Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknologi Informasi Di Stikes Siti Hajar. Journal of Health Science and Physiotherapy. Vol.1 No. 1. http://jurnal.stikes-sitihajar.ac.id/index.php/jhsp/article/view/7
Karo-karo.1984.Suatu Pengantar kedalam Metodologi Pembelajaran.Salatiga: Saudara
Lwin, May. Adam, Khoo. Kenneth, Lyen. Caroline, Sim.(2008). Cara Mengembangkan Berbagai Kompenen Kecerdasan. Yogyakarta : Gramedia.
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarto.(2003.) ”Peranan Motivasi Berprestasi, Keterikatan Terhadap Tugas, Persepsi Trerhadap Matematika dan Kemampuan Berfikir Logis dalm Memprediksi Penguasaan Matematika Peserta didik Baru”.Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan No 1 Bulan/Tahun: September 2003. P.1-10. UNIMED.
Sudirman. (2006). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Thorndike, Robert M. (1997) Measurement anf Education in Psychology and Education. Fifth Edition. New York Macmilan Publishing
Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta : Gaung Persad