PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT

Main Article Content

Lisa Septia Dewi br. Ginting, Rosmilan Pulungan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas VIII MTs. Lab IKIP Al Washliyah. Dikarenakan guru menggunakan sistem belajar klasikal atau sistem belajar individual. Membuat siswa kurang efektif dalam menuangkan ide. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD agar siswa lebih efektif dalam menulis teks anekdot. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya   model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen one gruop pre-test dan post-test. Jumlah populasi sebanyak 106 siswa dan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan model kooperatif tipe STAD lebih efektif dalam menulis teks anekdot pada siswa kelas VIII MTs. Lab IKIP Al Washliyah..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Mahsun. 2014, Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovativ. Medan. Media Persada.
Nuraini, Fatimah. 2013. Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Semi, Atar. 1996. Menulis Efektif. Padang. Agkasa Raya.
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung. Tarsito Bandung
Suprijono, Agus. 2006 . Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi PAIKEM ).
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suau Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4. Jakarta. Kencana Prenad Media Group.
Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen Penddidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.