STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI
Main Article Content
Abstract
Studi ini menyelidiki bagaimana meningkatkan kemampua menulis puisi dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) digunakan di sekolah menengah atas untuk memastikan bahwa itu bekerja dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran menulis puisi berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah menengah. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif deskriptif dilaksanakan melalui dua siklus pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek, tahap pertama melibatkan perencanaan dan implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi puisi. Hasil dari siklus pertama menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre tes ke post tes, meskipun terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Pada tahap kedua terlihat jelas peningkatan nilai setelah dilakukannya perubahan pada beberapa aspek seperti manajemen kelompok serta peningkatan partisipasi siswa pada materi puisi dengan memperoleh nilai siswa rata-rata mencapai 87,75, dengan rentang nilai antara 75 hingga 95,5. Metode ini menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan strategi untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.