MEMAKSIMALKAN POTENSI SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 4 KISARAN
Main Article Content
Abstract
Menginvestigasi efektivitas metode Problem Based Learning (PBL) dalam memaksimalkan potensi
siswa di SMP Negeri 4 Kisaran. Metode PBL telah diadopsi sebagai pendekatan pembelajaran yang
memungkinkan siswa terlibat dalam proyek-proyek nyata yang mempromosikan pemecahan
masalah, kerja tim, dan penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata. Pendekatan kualitatif
digunakan dengan pengumpulan data melalui analisis dokumen atau studi literatur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran,
memperkuat keterampilan pemecahan masalah, dan mendorong kreativitas. Siswa juga
menunjukkan peningkatan dalam penguasaan materi dan kemampuan berkomunikasi. Temuan ini
mendukung penggunaan PBL sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk memaksimalkan
potensi siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia
nyata.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.