PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning
terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia tahun
pembelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK PAB 2 Helvetia
yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas X MPLB-1, X MPLB-2, X AKL, X PPLG 1, X- PPLG- yang
berjumlah 160 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MPLB-2 yang berjumlah 40 siswa dan
kelas kontrol yaitu kelas X MPLB-1 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen
tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 80,31 yang berada pada kategori
sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan rincian siswa
memperoleh nilai 80-100 sebanyak 26 orang (65%), dan yang siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak
14 orang (35%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 60,15 berada pada kategori
cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan
rincian nilai 80-100 sebanyak 7 orang (17,5%), nilai 66-79 sebanyak 5 orang (12%), siswa yang
memperoleh nilai 56-65 sebanyak 12 orang (30%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak
9 orang (22,5%) siswa memperoleh nilai 30-39 kategori kurang sebanyak 6 0rang (15%) oleh siswa
kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh ????ℎ???????????????????? = 8,06 selanjutnya harga ????ℎ???????????????????? ini dibandingkan
dengan taraf signifikan α= 5 % dengan Db= ????1 + ????2 -2 = 78 maka diperoleh ???????????????????????? = 1,664.
Demikian dapat diketahui ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yaitu 8,06 > 1,664 maka ???????? diterima dengan
hipotesis ada pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada
siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2022/2023
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.