MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI

Main Article Content

arisman arismansembiring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning . Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis diperoleh = 7,4 selanjutnya harga ini dibandingkan dengan taraf signifikan α= 5 % dengan Db=   -2 = 61 maka diperoleh = 1,67022. Demikian dapat diketahui  yaitu 7,4  1,67022 maka  diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles