MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning . Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis diperoleh = 7,4 selanjutnya harga ini dibandingkan dengan taraf signifikan α= 5 % dengan Db= + -2 = 61 maka diperoleh = 1,67022. Demikian dapat diketahui yaitu 7,4 1,67022 maka diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.