PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 30 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 30 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah seluruh kelas VII yaitu 280 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 68 siswa, 34 siswa kelas eskperimen 34 siswa kelas kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan media pembelajaran digital terhadap kemampuan menulis cerita fabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas kontrol dengan rata-rata 53,09 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest kelas eksperimen dengan rata-rata 76,76 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.