MENULIS KALIMAT BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN REALITY MEDIA PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kalimat bahasa inggris menggunakan reality media pada siswa jurusan psikologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengumpulkan data siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa dan kemampuan mereka dalam menulis kalimat bahasa inggris menggunakan reality media. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu jurusan Psikologi Universitas Medan Area sebanyak 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berbentuk memberikan test kepada siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu test latihan dan reality media.Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa reality media atau gambar merupakan media yang sering digunakan oleh dosen untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat bahasa Inggris pada jurusan psikologi sebagai media gambar dengan menjelaskan dan memberikan gambar sebagai alat untuk menulis kalimat bahasa inggris sebagai kemampuan untuk menulis kalimat tersebut.. Meningkatnya kemampuan menulis kalimat bahasa Inggris di jurusan Psikologi dengan nilai rata – rata 80, 83 yang merupakan meningkatnya kemampuan menulis siswa dengan menggunakan reality media yaitu media gambar yang dikategorikan tinggi dan terdapat motivasi siswa untuk menulis kalimat bahasa inggris pada jurusan psikolgi meningkat dengan adanya reality media.