EVALUASI KOMPONEN KELAYAKAN ISI BUKU AJAR BAHASA INDONESIA: KESESUAIAN MATERI DENGAN KURIKULUM

Main Article Content

Firdha Khairunnisa, Hastari Mayrita

Abstract

Evaluasi adalah penilaian. Tulisan ini membahas tentang evaluasi terhadap buku ajar. Komponen yang dievaluasi adalah kelayakan buku ajar bahasa Indonesia. Komponen keyakan yang dievaluasi adalah kesesuaian materi buku ajar dengan kurikulum yang berlaku, yaitu Kurikulum 2013. Buku ajar yang diteliti adalah buku ajar bahasa Indonesia dengan judul “Cerdas Berbahasa Indonesia” kelas X SMA, penerbit Erlangga. Metode penelitian ini adalah content analysis deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data adalah statistik deskriptif. Hasilnya, buku Cerdas Berbahasa Indonesia ini terdiri dari 10 Bab, mengacu pada 2 kompetensi inti (kompetensi pengetahuan dan keterampilan). Buku ini mengacu juga pada 36 kompetensi dasar pada silabus kurikulum 2013. 36 KD tersebut mencapai angka 4 (baik sekali) pada penilaian kesesuaian materinya. Maka dapat disimpulkan bahwa, materi pada buku ini sesuai dengan silabus kurikulum 2013. Oleh karena itu, buku ini dapat dijadikan sebagai sumber bahan ajar dalam membantu pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA.


 


Kata kunci: kelayakan, kesesuaian materi, buku, kurikulum

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles