Pengaruh Produk, Promosi Dan Proses Terhadap Keputusan Konsumen Pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perhatian yang meningkat terhadap para pekerja di Indonesia diwujudkan melalui berbagai klaim jaminan seperti Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, dengan mengutamakan kondisi masyarakat sebagai bagian dari perlindungan diri yang terus dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Medan. Dalam fungsinya sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Medan bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat sesuai dengan kemampuan anggaran negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk, promosi, dan prosedur Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan terhadap keputusan konsumen. Variabel manakah yang lebih dominan? Variabel dependen (Y) adalah keputusan konsumen, sedangkan variabel independen (X) adalah produk (X1), promosi (X2), dan proses (X3). Metodologi penelitian ini menggunakan hasil analisis regresi berganda dan analisis deskriptif kuantitatif. Dilihat dari besarnya koefisien regresi, hasil uji korelasi berganda (R), uji koefisien determinasi berganda, dan uji koefisien parsial (r), maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel (X) dapat memberikan pengaruh terhadap variabel (Y). Dengan penggunaan aplikasi perangkat lunak SPSS, pendekatan kuantitatif memanfaatkan angka dan teknik analisis data statistik. Luaran dari Penelitian ini diterbitkan pada Journal Online System (OJS). Dengan ini peneliti tertarik mengangkat judul penelitian “Pengaruh Produk, Promosi Dan Proses Terhadap Keputusan Konsumen Pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan”.