PENGARUH BEAUTY INFLUENCER, KUALITAS PRODUK DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK LIP CREAM HANASUI (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DUSUN III DESA BUNTU BEDIMBAR TANJUNG MORAWA)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari riset ini adalah untuk menguji bagaimana evaluasi pelanggan daring, kualitas produk, dan beauty influencer memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli kosmetik Hanasui Lip Cream di Komunitas Dusun III, Desa Buntu Bedimbar, Tanjung Morawa. Ada 1.208 wanita di Dusun III yang menjadi populasi penelitian. Dengan demikian, 92 responden diperoleh ketika ukuran sampel untuk penelitian ini ditentukan dengan menggunakan algoritma Slovin. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif untuk analisis data. Responden diberikan kuesioner sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS adalah strategi analisis yang dipakai dalam riset ini. Hasil uji-t menunjukkan bahwa, untuk produk kosmetik Hanasui Lip Cream di komunitas Dusun III, Desa Buntu Bedimbar, Tanjung Morawa, ulasan pelanggan daring tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan kepada keputusan pembelian, kualitas produk, dan beauty influencer tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian namun dapat turut mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik Lip Cream Hanasui pada Masyarakat Dusun III Desa Buntu Bedimbar Tanjung Morawa. Pada Masyarakat Dusun III Desa Buntu Bedimbar Tanjung Morawa. Secara simultan tidak berpengaruh kepada keputusan pembelian namun dapat turut mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik lip cream Hanasui pada masyarakat Dusun III Desa Buntu Bedimbar Tanjung Morawa. Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) yang telah disesuaikan sebesar 0,399, variabel bebas mampu mewakili 39,9% dari variabel terikat, sedangkan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam riset mewakili 100% sisanya (100% - 39,9% = 60,1%).