PENGARUH PERSAINGAN, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERIPIK DI DESA KARANG ANYAR DELI SERDANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan dalam menganalisis Pengaruh Persaingan, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang. Populasi pada penelitian ini yaitu semua pelaku UMKM Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang sebanyak 44. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menerapkan metode sampel jenuh. Berhubung jumlah pelaku UMKM Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang sebanyak 44 UMKM (Kurang dari 100), maka semua pelaku UMKM Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang diambil jadi objek penelitian. Penggunaan metode analisa yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji asumsi Klasik, analisis Regresi Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil temuan dengan parsial menampilkan persaingan memberi pengaruh nyata dan positif pada kinerja pelaku UMKM Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang. Distribusi memberi pengaruh nyata pada kinerja pelaku UMKM Keripik di Desa Karang Anyar Deli Serdang. Promosi memberi pengaruh nyata pada kinerja pelaku UMKM Keripik di desa tersebut. Dari simultan hasil penelitian membuktikan bahwa persaingan, distribusi dan promosi terhadap kinerja pelaku UMKM Keripik di desa tersebut. Nilai koefisien determinasi yang sudah relevan (R Square) yakni 0,617 ataupun 61,7% variabel dependent mampu diuraikan melalui variabel independent dan hasil sisa diuraikan dari variabel lain di luar variabel yang dilihat.